Tips Sehat Ketika Menjalankan Puasa Ramadhan

0 37

Selamat berjumpa lagi Sobat Kreatif… Melaksanakan ibadah Puasa di bulan suci Ramadhan merupakan kewajiban bagi setiap umat Islam yang sudah Baligh dan BerAkal Sehat. Tips sehat dikala menjalankan Puasa Ramadhan akan kami hadirkan untuk Sobat Kreatif, yuk simak keterangannya sebagai berikut.

merupakan
Gambar oleh jacqueline macou dari Pixabay

Tips Sehat Puasa Ramadhan

Saat berbuka puasa – ketika berbuka puasa hendaklah ambil masakan yang banyak cairan, rendah lemak, masakan kaya cairan dan masakan yang mengandung beberapa gula alami untuk energi (hindari mengkonsumsi banyak masakan atau minuman dengan pelengkap gula). Di bawah ini yaitu beberapa contoh:

  • Minuman – air, susu, jus buah atau smoothie – air memperlihatkan hidrasi tanpa pelengkap kalori atau gula tambahan. Minuman menurut susu dan buah menyediakan gula dan nutrisi alami – ini juga baik untuk berbuka puasa tetapi hindari minum banyak minuman dengan gula pelengkap sehabis berbuka puasa alasannya ini sanggup memperlihatkan terlalu banyak gula dan kalori.
  • Kurma – secara tradisional dimakan untuk berbuka puasa semenjak zaman Nabi Muhammad SAW, kurma yaitu cara yang manis untuk berbuka puasa alasannya mereka menyediakan gula alami untuk energi, menyediakan mineral ibarat kalium, tembaga dan mangan dan merupakan sumber serat. Sobat Kreatif juga sanggup mencoba buah-buahan kering lainnya ibarat aprikot, buah ara, kismis atau prem, yang juga menyediakan serat dan nutrisi.
  • Buah – cara tradisional untuk berbuka puasa dalam budaya Asia Selatan, buah memperlihatkan gula alami untuk energi, cairan dan beberapa vitamin dan mineral.
  • Sup – tradisional di banyak negara Arab, yaitu cara ringan untuk berbuka puasa dan memperlihatkan cairan. Sup tradisional didasarkan pada kaldu daging dan sering mengandung kacang-kacangan, ibarat lentil dan kacang-kacangan, dan masakan bertepung ibarat pasta atau biji-bijian, yang menyediakan nutrisi dan energi.

Setelah berbuka puasa – masakan bervariasi antara budaya dan tradisi yang berbeda tetapi cobalah untuk memastikan masakan yang Sobat Kreatif makan memperlihatkan keseimbangan masakan bertepung, termasuk gandum di mana Sobat Kreatif bisa, buah dan sayuran, masakan susu dan masakan kaya protein ibarat daging, ikan, telur dan kacang-kacangan, ibarat yang ditunjukkan oleh Panduan Eatwell. Misalnya, Sobat Kreatif sanggup mempunyai banyak sekali kari termasuk ikan, daging, sayuran dan kacang-kacangan, disajikan dengan nasi, chapatti dan yogurt, dan ini akan meliputi semua kelompok masakan utama dalam Panduan Eatwell.

Setelah berpuasa lama, masuk akal jikalau Sobat Kreatif ingin mengobati diri sendiri, tetapi cobalah untuk menjaga jumlah masakan berlemak dan manis dan minuman manis yang Sobat Kreatif miliki dalam jumlah kecil. Ingatlah bahwa Sobat Kreatif hanya mempunyai waktu yang relatif singkat setiap hari untuk makan dan minum untuk memperlihatkan badan Sobat Kreatif semua nutrisi penting dan cairan yang diharapkan untuk menjadi sehat, sehingga kualitas diet Sobat Kreatif sangat penting selama bulan Ramadhan.

merupakan
Gambar oleh Photo Mix dari Pixabay

Jika Sobat Kreatif bisa, begitu Sobat Kreatif mempunyai kesempatan untuk mencerna masakan Sobat Kreatif, Sobat Kreatif sanggup mencoba melaksanakan latihan ringan ibarat berjalan-jalan. Jika Sobat Kreatif menghadiri sholat Taraweeh (doa malam hari khusus untuk bulan Ramadhan) di malam hari, mungkin Sobat Kreatif sanggup berjalan sepanjang atau sebagian perjalanan ke sana.

Sahur – minum banyak cairan, pilih masakan kaya cairan untuk memastikan Sobat Kreatif terhidrasi dengan baik untuk hari berikutnya dan pergi untuk masakan bertepung untuk energi, menentukan serat tinggi atau varietas gandum jikalau memungkinkan alasannya ini sanggup membantu Sobat Kreatif merasa lebih kenyang dan sanggup membantu pencernaan, membantu mencegah sembelit. Di bawah ini yaitu beberapa contoh:

  • Oat – ini gandum utuh dan Sobat Kreatif sanggup menentukan bubur, yang juga akan memperlihatkan cairan alasannya dibentuk dengan susu atau air, muesli dengan susu atau yogurt atau gandum semalam. Sobat Kreatif sanggup bereksperimen dengan buah segar, kering, kacang-kacangan atau biji-bijian sebagai topping.
  • Sereal sarapan berserat tinggi – ini menyediakan banyak serat dan sering diperkaya dengan vitamin dan mineral, memperlihatkan nutrisi tambahan. Karena dikonsumsi bersama susu, Sobat Kreatif juga mendapat cairan dan nutrisi ibarat kalsium, yodium, dan vitamin b dari susu.
  • Makanan bertepung ibarat nasi, atau couscous – Sobat Kreatif sanggup mencoba puding beras dengan buah atau bereksperimen dengan couscous atau biji-bijian lain dengan susu atau buah. Jika Sobat Kreatif pergi untuk hidangan gurih di sahur maka itu pandangan gres yang baik pastikan ini tidak terlalu asin atau mereka mungkin menciptakan Sobat Kreatif sangat haus selama puasa.
  • Yogurt – ini sanggup menjadi masakan yang baik untuk dimasukkan di sahur alasannya menyediakan nutrisi ibarat protein, kalsium, vitamin y dan vitamin b dan juga mengandung cairan. Sobat Kreatif sanggup mengombinasikannya dengan sereal dan buah ibarat pada teladan di atas.
  • Roti – pilihlah opsi gandum alasannya ini menyediakan lebih banyak serat, contohnya roti gandum atau chapatti. Hindari menggabungkan roti dengan masakan asin ibarat keju keras, atau daging yang diawetkan. Sobat Kreatif sanggup mencoba mentega kacang (tanpa garam), keju lunak, atau pisang. Karena roti cukup kering, pastikan Sobat Kreatif minum banyak air atau cairan lain di sampingnya atau Sobat Kreatif sanggup mempunyai masakan kaya cairan ibarat sup lentil, yang merupakan masakan tradisional di sahur di beberapa negara.

Cukup hingga disini, agar ulasan Tips Sehat Puasa Ramadhan ini bermanfaat dan Salam Kreatif !!!

Leave A Reply

Your email address will not be published.