Google Search Console
Google Search Console

Cara Verifikasi Web atau Blog di Google Search Console versi Verifikasi DNS

Diposting pada

Cara verifikasi Web atau Blog di Google Search Console kini hadir dengan Verifikasi DNS. GWT atau Google Webmaster Tools melakukan inovasi disana – sini, hingga muncul istilah baru yakni Google Search Console. Dengan Google Webmaster Tools yang baru ini, banyak Blogger-blogger mengalami kegalauan saat dihadapkan dengan tampilan baru dari Webmaster baru ini, diantaranya karena ada fitur Verifikasi Properti dengan cara Verifikasi DNS.

Dengan munculnya Google Search Console ini, ketika kita akan memverifikasi Blog atau Website akan disuguhkan dua pilihan jenis properti yakni; Properti Domain dan Properti Awalan URL.

Pada pembahasan kali ini yang diangkat adalah Verifikasi Web atau Blog dengan cara verifikasi Properti Domain, yakni verifikasi dengan melalui DNS. Oke langsung saja ikuti langkah – langkah berikut.

Google Search Console
Google Search Console

Login dulu ke Akun Google mu, kemudian Klik link berikut https://search.google.com/search-console?hl=id

Jika pada Akun Google Mu belum pernah ada properti yang ditambahkan, maka akan disuguhi tampilan seperti gambar di atas. Namun jika sudah pernah ada, maka perlu menambahkan dengan cara seperti gambar di bawah ini.

Sampai disini tampilan layar Mu seharusnya sudah menampilkan Window “Pilih jenis properti”, seperti gambar berikut ini.

Langkah selanjutnya adalah memasukkan url Website atau Blog ke Google Search Console, pada kolom Properti Domain. Yang perlu dicatat, disini kita hanya memasukkan url domain utama tanpa “m”, “www” atau SubDomain lainnya dan juga tanpa “https”, “http”. Lihat pada contoh gambar di bawah ini.

Selanjutnya klik tombol “TERUS”, dan akan muncul jendela baru yang berisi tata cata memverifikasi website atau blog Mu dengan Verifiksi DNS. Juga disertai data TXT yang perlu kamu copy, yang kemudian nanti untuk ditambahkan ke setingan DNS Mu di Member Area penyedia domain yang kamu pakai, itu jika kamu tidak sewa Domain beserta Hostingnya, namun jika kamu sewa beserta dengan Hostingnya, maka masuklah ke CPanel.

Lihat gambar di atas, langkah selanjutnya adalah menyalin data TXT yang ada, yakni cukup dengan klik tombol “SALIN”. Kemudian buka Tab baru masuklah ke Member Area atau CPanel domain yang akan kamu Verifikasi Pemilikannya. Berikut akan dipaparkan dari dua jalur verifikasi tersebut.

  • Verifikasi Website atau Blog Tanpa Hosting

Masuk ke bagian Domain, kemudian klik “Manage Domain”

Klik Menu “DNS Management”

Pada gambar di atas, klik “Add New Record”

Pada gambar di atas, isi semua kolom dengan benar, dengan keterangan “Domain” isi saja dengan @, “TTL” isi biarkan default, “Record Type” pilih TXT.

Nah, pada gambar di atas terlihat bagaimana teknik pengisiannya. Pada kolom “Text Information”, isikan kode TXT yang tadi didapat dari Properti di Google Search Console. Terus lanjutkan dengan menyimpannya cukup klik tombol “Add Record”.

Pada tahap ini, kembalilah pada jendela Google Search Console yang tadi, kemudian klik tombol “Verifikasi”. Ada kemungkinan belum berhasil, adakalanya menunggu penyedia domain mengupdate Record TXT yang telah kita tambahkan, tapi tidak lama.

Nah… Ketika sudah klik tombol “Verifikasi” dan berhasil, akan tampil jendela seperti gambar di atas, yang menandakan Kepemilikan Website atau Blog telah diverifikasi dengan benar. Lanjutkan dengan klik tombol “BUKA PROPERTI” dan atur Search Console seperti biasa yakni, menambahkan sitemap, inspeksi url, dan lain sebagainya.

One thought on “Cara Verifikasi Web atau Blog di Google Search Console versi Verifikasi DNS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *